Kamis, 30 Januari 2020

On News Today

Selama maternity leave, tiap pagi gw nonton berita lokal back to back. Abis dari stasiun TV ini pinda ke stasiun TV itu. What i thought about news today adalah Kekerasan Sexual..

Ada 2 berita yang diangkat.



Pertama, laki2 mesum yang tunjukin alat kelamin di tempat umum (hari ini di atas motor, dekat JPO daerah bekasi, beberapa hari yang lalu di daerah perumahan, naik motor ngeremet tetek ibu2 terus kabur). Mereka sebut nama penyakinya sih, tapi gw kurang pinter buat tulis ulang, dan terlalu malas buat googling.

Jaman gw kuliah di salah satu perguruan tinggi di Jakarta Timur dan isinya perempuan semua. Hal beginian sering banget terjadi. Klo gak temen2 yang jalan sendirian dari kost ke kampus, terus di remet dan yang ngeremet kabur naik motor atau cowok parkir depan rumah kost, dan tunjukin (even worst,ngocok) depan pager rumah kost.

Alhamdulillah, gw bukan termasuk korban..
Mungkin karna jadwal yg gw ambil terlalu padat (saat itu pagi gw kampus, siang gw menjelma jadi SPG di mall), dan jadwal gw bikin perjalanan kost ke kampus atau sebalikny, pas lagi rame, dan double status gw itu juga bikin gw sore2 gak ada di kost buat menyaksikan freak show dari laki2 mesum. Atau mungkin gw terlalu jelek buat dijadiin korban.. hahhaha...

Temen2 gw yang jadi korban sih kebanyakan cewek2 strong yang malah ngeledekin pelaku yang lagi ngocok atau kejar pengendara motor yang ngeremet buat di keplak pake modul yang tebel2 (dan yes, temen2 gw ngejarnya pake heels yang diwajibkan minimal 5cm).


Gw sih bersyukur yaa, era teknologi digital, socmed menjamur, CCTV dimana2,  bikin hal "sakit" macem gini jadi di-notice sama orang2, bahkan Pak Polisi...

Harapan gw sih jadi efek jera buat pelaku yaaa. Bikin mereka malu dan berhenti mempermalukan diri mereka sendiri. Coy, klo di beritain dan atau di post di socmed dan gone public,  apa mereka ga malu sama keluarga mereka sendiri, atau klo merupakan pegawai, apa ga malu sama bos nya - klo HRD nya bener pasti kena pecat lah..

Dan bigger picture nya, semoga yang beginian segera selesai siih.. so Gurls! Klo ngedapetin kejadian begini, please take a pict with your good camera phone, and post it to public, dan please jangan judge korbannya. Ya dengan bilang 'baju nya begitu sih'. Pasti ada yang nyinyir begitu. Ini bukan masalah baju yang dipake. Tapi memang pelaku nya "sakit".

We gurls stand for each other.

Meh, rada berat tulisannya..


Berita yang kedua terkait sama Kekerasan Sexual hari ini adalah ada cewek SMP diperkosa sama Bapak kandung, Kakak Kandung dan Sepupu..

Iyes, blood related..

Dan menyebabkan si cewe SMP ini hamil 6 bulan.

Coy, what were you thinking dehhh??

Pertama, ini orang blood related with them. Kebanyakan nonton Game of Throne ya? Jadi mau mempraktekan incest?
Tapi klo diliat sih, mereka bukan tipe orang yang nonton Game of Throne sih
Kedua yaaa, ini anak SMP.. es em pe..  yang umur nya baru 13 - 15 tahun.. apa yang mau lu liat, njir??
Toket baru pada tumbuh, badan belum bagus.

Ga ngerti lagi gw,

Rumah itu harusnya yaaa jadi tempat ter-aman buat orang pulang. Bukan klo pulang nambah masalah yekan -menurut gw sih gitu yaaa..

Ini dia pulang sekolah, trus diperkosa sama orang2 yang harusnya melindungi dia loh..

Ini sih lebih "Sakit" dari laki2 yang nunjukin alat kelamin nya ke stranger.

Kabarnya sih, ketiga orang ini sudah diamankan Pak Polisi. Tapii, coba yaaa dipikir, gimanalah dampak psikologis si cewe SMP ini. Dan kabarnya lagi sih udah di urus sama KPAI. But still, ini kejadian traumatik deh..

Terus, dia lagi yang disalahin, karna pake baju yang ga nutup aurat? Lah ini mahrom nya kabeh loh..

Jadi, apa yang mesti disalahkan? Cara didik? Kebebasan era digital? Lingkungan?

Mboh lah,
Harapan gw, mamak-anak-3-punya-penis-semua, hanya agar mereka tumbuh jadi orang baik hati.
Mengerti dan menghargai norma-norma agama dan society.
Menjalankan fitrah mereka sebagai pelindung perempuan -bukaaan, bukan maksud bilang perempuan butuh dilindungi laki2 yaaa, i am sure perempuan jaman sekarang terlalu independent buat menye menye dibawah ketek laki2! Tapi kalimat ini merupakan harapan gw buat 3 anak laki2 gw..


Like i wrote earlier..
We, women, stand for each other..
As Mrs. Obama said:



Love
Mamak-anak-3-punya-penis-semua

Tidak ada komentar: