Selasa, 28 Januari 2020

Berurusan sama Polisi

Hiy, serem kali judulnyah..

Jadi kali ini mau share yang agak bermutu sedikit.. dikit aja, gak banyak-banyak, tetep kosong kok omongan gw..

Ini mau cerita beberapa kejadian yang membuat gw berurusan sama Pak Polisi.



Yang pertama soal pengalaman ditilang..
Iya, DITILANG..

meh, belasan tahun nyetir (dengan dan tanpa SIM), baru sekali ini di tilang Pak Polisi. Dan kesalahannya adalah jalan di bahu jalan tol..*tolol yes gw..

Tanggal 7 November 2019, gw janjian sama mas Aa di daerah lebak bulus jam 7 malam. Dan jam 7 itu gw masih di tol Jorr keluaran Veteran karena macet yang tak berkesudahan di Jorr. Gak sampe 500m dari keluaran tol fed ex Lebak Bulus, gw ambil kiri dong, karna pikirnya, wong udah tinggal keluar kok..
Dan Pak Polisi ternyata parkir manis di depan.. huft.. akyu terjebaaakk.. ga bisa sembunyi ambil kanan lagi karna di kanan ada truk (yaaa yang biasa lewat Jorr tau lah, lawan nyetir nya ya klo gak truk besar yaa bis besaar)

Ya sudah pasrah lah saya tertilang (itung2 pengalaman yekaaan).

Gak ada di tawarin damai kok sama Pak Polisi (atau gw aja yang gak peka yaa). Yaah, dapat slip biru, SIM gw yang saat itu hampir expired diambil si Pak Polisi dan di jadwalkan sidang tanggal 22 November 2019..

Yah,  ga bisa Pak..
Tapi ya saat itu gw terima ajah, udah telat janjian sama Mas aa.

Abis di tilang, gw tetep jalan di bahu.. karna gw memang mau keluar di keluaran tol itu.. *untung ga di kejar Pak pol..

Tentu saja tanggal 22 gw gak datang ke Pengadilan Jakarta Selatan..

Gimana dengan SIM gw yang mau expired itu?

Nah ini pengalaman kedua gw urusan sama Pak Polisi *eh, Polisi bukan ya?

Tanggal 11 Januari 2020, Mas aa pergi ke Pengadilan Jaksel itu, niatnya mau bayar denda dan ambilin SIM gw, ternyata Sabtu ga beroperasi cuy, dan SIM gw sudah pindah ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Yaa sudah, akhirnya tanggal 13 Januari 2020, gw, dengan gagah berani, pergi ke Kejaksaan itu (ditemenin sama @papaujoe siihh,  gw kan jago kandang doang)..

Didepan gerbang sudah dikasih sign cukup besar yang menunjukan Loket Tilang...

Pertama,
siapin Surat Tilang nya,  terus ke Loket Pendaftaran Tilang. Kasih Suratnya ke Pak Polisi yang bertugas, jangan lupa kasih senyum..
Nanti Pak Polisi kasi nomer antrian, potongan kertas karton gituu, diprint nomer sama mereka..
Teruss duduk deh di kursi yang sudah disediakan.
Ada kursi khusus wanita kok, kalo ga nyaman berada ditengah banyak pria.
Waktu itu gw dapet antrian nomer 326. Iyaaa TIGA RATUS DUA PULUH ENAM..
tapi tenang, mereka punya beberapa loket, dan tiap loket panggil per 10 nomer. Waktu gw dapet nomer antrian segitu, yang baru dipanggil itu antrian nomer 200an..

Nunggu sekitar setengah jam akhirnya nomer 321 - 330 dipanggil ke Loket Tilang. Dari setiap 10 nomer yang dipanggil, petugasnya selalu mendahulukan antrian perempuan.. jadi walaupun sebenernya ada 5 orang depan gw, tapi gw pertama.
Pak Polisi petugas Loket Tilang tanya nama, sama kasih tau berapa denda yang mesti gw bayar. Setelah gw bayar disitu, si Bapak nanya, perlu kuitansi apa enggak, terus, SIM dikasih deh sama si Bapak.

Jadi total 45 menit lah kira2 dari sampai di lokasi, sampai terima SIM ditangan..

Pertama kesini

Secara SOP, alurnya begini..
Tapi, gw ga dapet nomor BRIVA, bayar ditempat aja.

Ini tempat tunggu nya, depan gw duduk segitu, belakang gw duduk juga sekitar segitu.
Liat ruangan di kanan situ kan? Nah itu tempt duduk khusus perempuan. Gada yang istimewa kok, kayak AC atau kursi lebih empuk, yaa sama aja sama tempat gw duduk.

Ini loket pendaftarannya.
Pesen gw, jangan lupa Senyum ke Bapak Polisi petugasnya. Bukan ganjen, cuma, gw yakin they can use a little smile to brighten up their day... Liat aja antrian segitu banyak, lo judes, gak kelar urusan..


Pengalaman selanjutnya berurusan sama Pak Polisi adalah berniat perpanjang SIM.
Hari itu juga (13 Januari 2020) gw ke Gancit, buat perpanjang SIM. Sampai Gancit jam 1an. Langsung ke Gerai SIMnya. Pas antri, Pak Polisi bilang, ini bisa diproses, tapi jadi nya sekitar jam 7 malam.. ehbuseh.. tetek penuh susu ini bisa meledak klo mesti nunggu sampe jam 7 malam.. yasud ga jadi lah gw..

Minus nya di Gerai SIM Gancit ini, penuh bangets dan antriannya ga jelas. Orang nyelak kanan kiri, ga bisa antri baris kebelakang gitu, dan Pak Polisi nya ga berbuat apa2 juga soal antrian, ya mungkin si Pak Polisi anggap orang pada sekolah tinggi2, mosok pada ga tau baris.. nyatanya sih emang.. *aduh, mulai julid

Emang jodohnya gw perpanjang SIM dengan mudah kali ya, akun Instagram @Kabarbintaro, mengabarkan bahwa pada tanggal 23 Januari 2020, akan ada mobil SIM keliling di Bintaro Plaza, yeaayy BINTARO PLAZA,  yang jaraknya ga sampe 2kilo dari rumah gw, yaklo jalan kaki mah gempor juga, buat gw yang ga pernah olahraga..

Dan sampailah pada tanggal 23 Januari 2020, dan merupakan Pengalaman gw berurusan dengan Pak Polisi selanjutnya..

Sampe Bintaro Plaza jam 8.30 pagi. Tanya Pak Security, si mobil simling dimana.. pergilah gw ke lokasi. Dan sudah ramaai.. hahhaha.. lapor Mas aa, reaksi nya: "makanya, pergi pagian"
Yaaah..
Anyway,  pertama ke area pendaftaran.. gada loket nya, ya tanya aja lah sama yang disitu,daftar nya dimana..
Di pendaftarannya siapin copy KTP 2 lembar dan SIM nya yang mau diperpanjang. Nanti dikasih form isian sama petugas pendaftarannya. Dan copy KTP serta SIM yang mau expired di cepret ke formulirnya sama si Pak Petugas.

Form nya diisi selengkapnya dan ditanda tangani,  terus di balikin ke Petugas yang urus test kesehatannya.

Abis itu, tunggu giliran buat test kesehatan.

Test kesehatannya meliputi: tekanan darah (seprti biasa, tekanan darah gw selalu rendah), terus test mata, timbang berat badan, sama ditanya tinggi badan (gak sedia alat pengukur tinggi mereka..). Kelar test kesehatan, form yang tadi diisi, bawa sendiri ke loket yang ada di mobil (iya loket, satu2nya loket yang ada..)

Dan tunggu giliran di panggil buat foto.
Mereka panggil per 5 orang.

Foto nya masuk kedalam mobil. Jarak kamera ke muka kayak cuma 2 jengkal. Zoom in coy fotonya.. hhahahahah

Di mobil, ada 2 pak Polisi yang bertugas, yang satu, yang nerima berkas dan ngeprint SIM yang data dan pembayarannya sudah lengkap,  yang satu bertugas merekam data orang2. Nah, didalam mobil itu, selain foto, juga dilakukan rekam tanda tangan dan pengambilan sidik jari (jempol sama telunjuk). Juga pencocokan data.

Oia, soal antrian, Simling ini gada kasih kita nomer antrian. Jadi yaa se-dipanggil-nya aja. Tapi berkasnya sesuai urutan kedatangan kok.  Terus ada orang2 yang berkasnya didahulukan. Pas gw ngantri itu, yang didahulukan ada ibu hamil, ada opa2,dan ada mas2 yang pake kruk (cuma 3 orang kok).


Biaya perpanjang SIM di Simling Rp. 140.000. sudah termasuk test kesehatan.

Tapi total kerusakan yang gw buat hari itu kurang lebih maratus rebu... Hahha, belom kopi kekiniannya, belom belanja2 ga penting nya, yaaa gitu deh klo gw ke mall mah.. hahahaa.. Mas aa nyengir aja pas gw cerita.

Ini area pendaftarannya.
Persis di sebelahnya area test kesehatannya

Ini mobil Simling nya.
Yang jendela kebuka itu loket nya.


Yaa begitulah pengalaman berurusan sama Pak Polisi.
Gw baru pertama kali perpanjang SIM. Sebelumnya bikin SIM baru (gw 2x bikin SIM baru) atau nyetir tanpa SIM. Hahahaha
Jangan diikutin gaes..



Tidak ada komentar: