Rabu, 29 Januari 2020

Hi Gaes, meet my third born

Yes, sekarang gw adalah mamak ber-anak 3
Dan lanang kabeh..

Please,  jangan tanya soal kepingin anak cewek, atau komentar dengan memasukan rangkaian kata seperti "coba" "lagi" "sampai" "dapat" "cewek"

Damn.. im gonna erase you from my friends list, temporarily sampe ilang kesel gw ke lo. Meh!!


My 3rd son, was born in the mid of the day, dan setiap gw going into labor, pasti dengan drama, seperti abang2nya..

Drama kali ini mengisahkan anemia akut sampai-perlu-2-kantong-darah-untuk-transfusi

Yeah im officially a Cullen member, blood sucker gal.. hahahaha...

Karena jarak antara kelahiran anak ke 2 dan ke 3 ini belum sampai 2 tahun, dan history induksi di 2 kelahiran sebelumnya, maka dari awal ku sudah mantap untuk SC. Ga ada kepikiran untuk normal, jadi ga pernah tawaf mall, atau ikut senam hamil. Pokoknya mau SC lah...

Tanggal 28 Oktober 2019 adalah jadwal ketemu Pak Dokter. Beliau concern dengan BB dedek bayi yang dibawah berat seharusnya (jadi tiap bulan tuh ada range BB janin, dan bayik gw gak meet di angka yang seharusnya). Beliau suru cek lab trimester 3, dan memang liat muka pucat gw. Hasil lab tertulis HB gw di angka menyedihkan. Si HB rendah ini yang menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi ke janin kurang - makanya si dedek bayi kurus.

Akhirnya disuruh datang lagi besoknya, untuk transfusi darah dan rawat inap. 6 jam abis sucking blood, di cek lab lagi. HB naik, tapi belom normal. Dan gw di discharge.




Keluar rawat inap, disuru balik lagi tanggal 7 November 2019. Harapannya BB janin naik ke angka yang sesuai range.

7 November balik ketemu Pak Dokter, hasil USG menyatakan berat janin masih menyedihkan, masih di 2,2kgs yang harusnya sudah diatas 2,5kgs. Dan akhirnya diputuskan buat melakukan operasi lebih cepat dari seharusnya, jadi SC itu bagusnya di week 38, ini dilahirkan di week 37. Pak Dokter bilang di rahim takut ga sejahtera, gedein diluar aja.

Keputusan itu, menyisakan gw 3 hari kerja lagi sebelum maternity leave. Dan itu masih dikurangin buat assessment sama Dokter anastesi pula.  Total hand over cuma 2,5 hari..

Stress deh eike waktu ituu.. hahahah *sok sok loyalitas tanpa batas yaaa..

Senin nya tanggal 11 November 2019, dijadwalin assessment sama Dokter anastesi, jam 12 siang.. duuuhh, tengah hari bangets.. ribet mau izin setengah hari nya sebelum atau sesudah. Tapi akhirnya ku pilih sebelum. Dan sampai kantor waktu itu jam setengah 3an.. ga guna yaaa..

Dokter anastesiku yang cantik suru gw tanda tangan di 2 kertas. Yang pertama consent buat bius dari perut kebawah, yang kedua consent buat bius total kalo afa kejadian apa2, karna sejarah anemia akut. Beliau juga mempersiapkan 2 kantong darah buat ditransfusi.


Dan sampailah di the Day.. sebelumnya gw dipesenin sama perawatnya, untuk sampai RS jam 8 pagi, dan mulai puasa jam 7 pagi, dengan jadwal operasi jam 13.30. dan gw tau,  klo jam 13 pak Dokter ada operasi 1 pasien juga.

Jam 8.30 pagi gw sampe RS, terus disuru ganti baju, dan CTG, pasang infus, bersih2. Hasil CTG nya,, jantung janin sempet drop (huft, lagi?).. trus Pak Dokter memutuskan, menukar jadwal operasi, jadi gw duluan.

Jam 12 teng gw di suntik macem2 dari selang infus. Segala anti mual, antibiotik.. until i lost count.
Hahaha...

Jam 13.00 kurang udah disuru masuk ruang operasi. Mas aa ditanya buat yg terakhir kali.  "Mau ikut masuk gak Pak?"

Dan tetep gw yang jawab "ga usah, nanti ribet jadinya".

Operasi dimulai dengan suntik anastesi di ruas tulang belakang (jangan tanya di tulang nomer berapa, gw ga tau). Apa rasanya? Gada rasa apa2 kok, bahkan little pinch pun gak. Sakitan masukin jarum infus yang warna hijau..

Yang gw intip dari pantulan kaca sih ada 2 jarum nemplok di ruas tulang belakang, posisi gw duduk tapi selonjoran, trus disuru bungkuk gitu, dan disuru relax.. yekali bisa relax.. SC itu termasuk operasi besar loh..

Abis di suntik anastesi disuru boboan lagi. Terlentang dengan posisi macem di Salib. Tangan kanan dikasih tensimeter digital, telunjuk kanan dikasih alat jepit (duh, itu indikator apa ya?). Tangan kiri disuntik lagi macem2 cairan dari selang infus.

Terus dipasangin tirai dan badan gw di selimutin kain2 operasi. Sebelum diselimutin, dioles2 betadin sama alkohol (entah urutan yang bener yg mana).

Pak Dokter datang, suster pimpin doa, langsung eksekusi. Selain Pak dokter SpOG, terus Bu Dokter SpAn. Ada juga standby Bu Dokter SpA. Terus ada bidan, dan beberapa suster - ga ngerti juga sih, suster ini dan itu fungsi nya apa disitu. Tapi im sure mereka punya jobdesc masing2.


anak gw lahir jam 13.35 (berdasarkan surat kenal lahirnya sih begitu) dengan menangis kencang, tuh anak di bersihin, di periksa, terus selagi badan gw di tutup, bayi nya di kasi kesempatan IMD.

Lalu, kejadian lagi drama kumbara..

Anak gw gemeteran..

Hahahahaha.. kedinginan doi.
Dimasukin ke box hangat trus dikasi liat ke bapaknya..

Gw, ketiduran.. hahahahah

Bangun2 gw lagi mau diangkat dari meja operasi ke bed yang ada rodanya, trus digeret ke ruang pemulihan.

Orang bilang klo mengulang SC akan lebih sakit dibanding saat SC pertama kali. Dan menurut pengalaman gw, itu terjadi. Perih dan senut2 terasa sebelum efek bius habis. Yaa tapi toleransi orang terhadap rasa sakit sih beda2 yakan, jadi ini terjadi di gw, tapi belum tentu akan terjadi di orang lain.

Pas SC pertama, ga ada tuh ngerasain senut2 dan perih2 sama sekali. Lempeng aje..

Di ruang pemulihan kepingin tidur rasanya. Mata berat tapi ga ilang juga gw, ya merem doang tapi fully aware. Kesel deh..

So, meet my afternoon baby boy,
Davino Rabianafta Adiputra
(Ofkors) named by his father



Dedek api nya Kakak Rey
Pipi nya Abang J


Brothers

Recent pict of my third 

Sehat terus yaaa bayik paling mungil..

Love
Mamak-anak-3


Special thanks to:
Mas aa, yang kasih gw kesempatan segala keputusan di gw,  dan dia fully support

Tentu sajaaa
* dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG
* dr. Diana,  SpAN
* dr. Anita J, SpA
* Bidan dan Perawat RSIA Citra Ananda, Ciputat
* 2 Ibu cleaning service RSIA Citra Ananda -coy, mereka berdua nice bangeeettsss. Mereka gada kewajiban buat nice sama pasien looh..
* Admission dan Cashier RSIA Citra Ananda







Tidak ada komentar: