Rabu, 09 Januari 2013

#Road Trip - Alunalun, Taman Sari, Gudeg Bu Tjitro

Perjalanan hari kedua dimulai dengan kebangun pagi-pagi..
dan ajaibnya Mas aa pun bangun pagi.. *ditoyor Mas aa*

ittinerary nya begini *tapi yah pelaksanaannya bisa dibaca sendiri deh di post ini*

Ittinerary Day Two, 30 Desember 2012




Jam 7 pagi tanpa mandi cuma cuci muka dan gosok gigi, gw, Jerry dan Mas aa berangkat cari sarapan. buat makan nasi Kuning Citrouli. tapi setelah muter-muter sejam ga ketemu akhirnya makan nasi putih pake telor ceplok disebelah hotel..

sebenernya di Hotel dapet sarapan sih. tapi cuma roti dan teh manis anget.. maaakkk,, gw kenyang tuh kayaknya.. hahah, secara ya gw makan banyak banget..

selesai sarapan jam setengah 10-an, iya kelamaan muter2 nyari si Nasi kuning Citrouli itu..

abis sarapan kita balik buat siap-siap mau ke Komplek Kadipaten.. Nah, disini @mphiee2502 ga ngikut karna dia harus mampirin beberapa kerabatnya yang ada di Klaten, dia rencananya sewa motor dari hotel. tapi dia harus tunggu kabar dari si Hotel nya. jadilah gw, Jerry dan Mas aa pergi ke Kadipaten cuma sama Visnu.

baiklaah, off we went..

pertama kita pergi ke Alun-alun Utara, ternyata lokasi nya itu dipake buat semacam Pasar Malam (tp siang itu beroperasi juga sih) taukan Pasar Malam? yang ada lapak-lapak penjualnya, dan ada semacam playground trus ada komediputer, bianglala dan semacamnya *detail

nah disitu disediain tempat parkir, jadi kita parkir lah disitu, ke Alun-Alun Utara cuma parkir. hiks.. bayar Parkirnya Rp. 5.000 sahajah..

nah dari situ kita tanya-tanya sama sekitar, gimana caranya pergi ke Keraton, ke Taman Sari dan ke Alun-alun Selatan. orang-orang sekitar jawabnya kalo ga pake Delman ya pake Becak. karna kita bertigaan mendingan naik Delman. pas tanya-tanya harga langsung pengsan gw. hahaha... bisan tawaran dari Pak Kusir delmannya bikin jatung berheti berdegup sih *lebayutan* nanya-nanya becak, mereka malah nawarin ke bakpia dulu lah kesini kesitu, padahal kita maunya ke Taman Sari, sekian..

dan secara ya Jerojero ngefens berat sama kuda, dan merengek-rengek minta naik kuda, yauidah lah kitaputuskan saja niak delman *walau tarifnya menggigit..

narsis dikit sambil nawar becak dan Delman

akhirnya Jerojero naik Delman, dengan harga yang mengigits, Rp. 60.000 ke Taman Sari saja

naik delman sampe Taman Sari, ternyata emang agak jauh sih, ya sudah lahya yang penting anak senang naik Delman.. makan siang dipinggir jalan, di kompleks Taman Sari itu.. Insyaallah bersih! pake banyak-banyak baca Bismillah, hahah.. masalahnya sih bukan gw yaa, klo gw atau Mas aa sih sebodo amatan deh, tapi inikan Jerry juga makan (semua makanan instannya ga boleh dimakan lagi sama Bapake gara-gara tragedi Jerojero Mabok darat sampe Jackpot 3x itu) -- tapi Alhamdulillah sih sampe dipostingnya tulisan ini Jerojero baik-baik aja..

Narsis setelah Makan siang, didepan gerbang Taman Sari

jongkok nya anakku bukan berarti lagi pup yaa,
Jerojero selama RoadTrip ini coperatif sekali.. Pupnya pagi.. 

Masuk Taman Sari perorang bayar Rp. 3.000 saja (murah abiss!) dan untuk yang bawa kamera juga bayar Rp. 1.000,- jadi total bertiga Rp. 10.000,- (Jerry masih gratisan)

pas masuk ddan tunjukin tiket, ditawarin guide. secara ya gw buta soal Taman Sari, daripada sia-sia kita kesana ga dapet apa-apa ya sekalian aja pake guide. pas Mas aa tanya berapa tarif gude nya. jawabannya apa coba? seiklasnyah.. 

maakk, mau bayar berapa gw? sebelumnya sih emang udah pernah baca di internet (lupa dapet darimana infonya) tarif guide nya sekitaran Rp. 20.000,- - Rp. 30.000,-. trus gw bilang sama Guide nya, "pak, bapak tentuin aja berapa, klo seiklasnya saya jadi ga enak" 

terus si Bapak bilang Rp. 30.000 aja, yasudahlah ya. lagi masa liburan gitu males juga nawar-nawar, hajar bleh.. 

Didalam Taman Sari - Istana Air, tempat mandinya Raja-raja, Pangeran dan Putri, serta Istri-Istri.
mata air nya masih aselik, guidenya nyuruh Mas aa buat usap muka Jerojero pake air dari kolam tempat Raja mandi,
katanya dipercaya dapat memancarkan aura dari Jerojero.. tapi ini berlaku untuk yang blm akil baliq
ya Bismillaaahhh,,,

foto kiri atas itu di gerbang tempat penyambutan Raja (Gapura Agung)
Kanan atas itu adalah Masjid bawah air
Kiri Bawah ada makmak terjebak ujan di jalan bawah tanah yang menghubungkan ujung depan dan belakang Taman Sari
Foto kanan bawah itu di Tangga dalam Masjid bawah air

pas mau selesai tour nya. ternyata ujan deras. deras sederasderasnya. akhirny terdampar lah kita di lorong bawah tanah.. agak lama nunggu disitu, sekitaran 30 -45 menit. 

abis dari Taman Sari, si Istana Air itu, kita naik becak ke Alun-Alun Selatan (Alun-alun kidul) yang ada dua pohon berdampingan itu loohh.. katanya sih Alunalun Kidul ini tempat mencari ketenangan hati. dan katanya lagi, kalo kita bisa berjalan dengan mata tertutup dan bisa melalui tengah-tengah pohon itu, maka artinya hati dan pikirannya bersih.. yaaahh, kita coba lah yaaa, namapun di Jogja.. sekalian ajaa lah ya.. dan ternyata diantara kita bertiga (gw Mas aa dan Visnu), udah ga ada yang hati dan pikiran nya bersih,, hahaha... *toyor diri sendiri

Mari mencoba.. 

Di Alunalun Kidul kan jalan nya mesti dengan mata tertutup yes, nah, disana ada penyewaan tutupan mata (kayak yang dipake Mas aa dan Visnu di foto) harga nya cuma Rp. 4.000 saja, pemakaiannya sampe capek, selama diarea lapangan itu. kalo beranjak dari lapangan ya itu tutupan mata mesti di balikin.

oh iya, di Alkid ini kita re-unite sama @mphiee2502 karna ternyata dia ga jadi ke Klaten karna ga dapet motor sewaan tapi karna ujan akhirnya dia ngendon dulu di Amplaz, baru deh ketemuan ama kita di Alkid sekitar jam 5 an sore.

kita di Alkid sampe jam setengah 6-an, trus karna seharusnya kita makan siang di Gudeg bu Tjitro, yang katanya enyak, yaaahh diundurlah jadi makan malam. dari Alkid menuju Gudeg Bu Tjitro. dan karna kita berlima bakal disusul sama Om Jajat dan Om Novri yang gagal cari per (jadi mobil om Jajat itu cepermen, tapi kapok karna selama perjalanan ke Jogja pegel2 karna keceperannya itu), makdarit kita pesen makanan yang bisa dimakan rame-rame, Paket gudeg family klo ga salah bisa dimakan 5 sampai 6 orang. tp ternyata masih sisa banyak sih..

Gudeg Paket Family, di bandrol 150.000,-

Gudeg bu Tjitro ini lumayan terkenal (hasil browsing sana sini), memang gak se heboh gudeg Yu Djum itu sih. tp kenapa gw milih disini karna jalur peta nya yang sejalan (kan rencananya mau ke Pantai Depok, setelah makan). tapi yah menurut gw sih rasanya biasa bangeet untuk kelas restoran kayak gituu.. cuma dia itu innovative, dia bikin gudeg kalengan,,

abis makan jam 8an niatnya mau city tour menyelesaikan ittinerary malam sebelumnya. tapi ga jadi lagi,, karna gw ketiduran (lagi). 

gimana Jerojero selama citytour?
seneng naik delman, selalu excited klo liat kuda.
makannya gampang banget, tidurnya juga gampang. sangat kooperatip..

gimana Pantai Depok?
dilupakan
tapi next ke Jogja mesti kesana.. mau makan seafood.. 










Tidak ada komentar: