Senin, 14 Januari 2013

#RoadTrip Dieng

dan hari terakhir kami di Jogja, tanggal 1 Januari 2013.

ittinerary hari ini adalah seperti ini

ittinerary #RoadTrip 1 dan 2 Januari 2013

manusia berencana, Perjalanan ke Dieng melalui Magelang lah yang menentukan..

Sarapan di Wisma Martha, dikasih Nasi Kuning, lumayaan, Kenyaang..

oia, Wisma Martha ini murah benget loh.. untuk ber empat dengan kamar berAC cuma 218.000 saja semalam.. dengan breakdown nya perorang kena biaya Rp. 48.000 permalam, AC Rp. 50.000 permalam, iya, itungannya perorang, bukan perkamar.. macem Hostel gitu lah yaaa.. tempatnya lumayan recomended kok. ada kolam renangnya segala dan parkiran yang luas.untuk info lebih lanjut bisa diliat disini

jam 8an gw udah selesai mandi dan mandiin Jerry, kedua om datang2. kelaparan.. liat nasi kuning, minta dipesenin juga.. dan cukup dengan Rp. 10.000 saja dapet 2 porsi nasi kuning plus teh manis anget..

check out dari Wisma Martha sekitar jam 9an. trus memutuskan untuk membatalkan wisata Candi ke Borobudur dan berganti beli oleh-oleh ke Jl.KS Tubun. sebelum sampe ke KS Tubun, mampir dulu ke Tugu Jogja, secara yaaa batal terus kesananyaa..

narsis di Tugu Jogja, tengah hari bolong

abis foto, langsung cus ke KS Tubun ke Bakpia 25. beli macem2 oleh2 disitu. bahkan beli abon Gloria khas Solo nan tersohor itu.. harganya emang rada mahal sih di situ Rp. 75.000. yang isi 250gr. padahal klo di Solo nya itu palingan cm 60.000.. tp mosok mau ke Solo siy cuma buat beli si Gloria.

sambil nunggu tante @mphiee2502 bayar, narsis dulu aja deh sama Jerry.
sebenernya agak ilfill sih belanja disini, karna ada kejadian yang menurut gw bisa banget orang-orangnya Bakpia Pathok 25 ini dibawa ke polisi. jadi gini. dari foto itu di kanan gw tuh ada semacam garasi, pokoknya lowong deh dikit. nah ada bis pariwisata parkir disitu. tepat dibelakang Bis, ada Avanza parkir, menghalangi bis itu keluar.

nah pas gw dateng, di Avanza itu ada keriaan.. berkumpul beberapa orang mengerubungi pintu pengemudi Avanza. pas gw denger dari beberapa pengunjung, klo kunci mobil tertinggal didalam mobil. mau di congkel. nah pas selesai belanja, nungguin @mphiee2502 dan Om Jajat bayar-bayar, gw sama Jerry nyamperin Mas aa sama Omm Novri yang duduk-duduk didepan sambil minum dan rokoan. nah itu avanza posisinya masih disitu tapi karet2 jendela pengemudinya udah lepas2, udah rusak deh pokoknya.

gw masuk lagi nyamperin @mphiee2502, karna pen nambah beli rengginang. trus ga lama gw balik lagi ke tempat Mas aa sama Om Novri. posisinya si avanza sama si bis udah ga ada. trus gw nanya sama Mas aa,
Gw: "oo udah pergi tuh Avanza"
Mas aa: "iya, yang punya dateng"

whatt??
jadi yang nyongkel avanza itu adalah tukang parkir dan kenek bis yang dihalangin..

kan gila!!

udah gitu yang marah si tukang parkir sama kenek bisnya. yang punya mobil malah diancem-ancem..

buset!!
begimana sih??

klo gw yang punya tuh Avanza yaaa, gw nyalain mobil, masukin Jerry ke dalem mobil, gw berantemin semua orang disitu..

jadi kata Mas aa, yang punya Avanza itu pergi sebentar belanja di tempat lain, karna udah belanja di Bakpia Pathok 25. nah si tukang parkir itu marah karna si empunya Avanza dianggap ga belanja di situ tapi numpang parkir,,

Pelajaran ya Sudara-Sudara..
kalo kalian mau belanja oleh-oleh di Bakpia Pathok 25, mending lu parkir agak JAUH, daripada mobil lo di congkel. karna tukang parkirnya ga sopan begitu..

itu gw tulis merk nya, karna yang bermasalah bukan si merk nya tapi si tukang parkir yang bantu2 parkir disitu. hati-hati!! apalagi klo plat mobil lo bukan AB. hati-hati klo parkir.

udah deh, yang punya Avanza aja santai2 aje yakan..

selesai belanja2 oleh2, cus ke Dieng jam 11 siang. hmm agak traffic yes.. trus image klo orang Jawa, apalagi Jawa tengah, itu halus, sweet, lemahlembut itu ternyata ga bisa di samaratakan yes,, masalahnya trafficnya sama banget kaya Jakarta, gada yang mau kalah dan kasih jalan. yang kasih jalan malah mobil berplat B. meh..,

mampir makan di warung padang, di daerah Magelang. Perjalanan dari Jogja ke Magelang ini macet cet cet. kita pikir macet gara-gara Candi Borobudur (maksudnya orang-orang yang mau ke Borobudur) tapi ternyata masih lanjut loh macet nya setelah pintu Candi itu. jalanan nya sih oke yaaa, gede, mulus. tapi banyak lampu merah. jadi selain karna kita melalui arah candi Borobudur, juga karna traffic light nya banyak dan lama.

perjalana Jogja - Dieng ini lama banget,, berangkat dari Jogja jam 11 siang, ampe Dieng jam 7 malem ajah.. langsung check in di penginapan. sebelumnya kita udah telpon dan reservasi. di Hotel Asri kita bermalam. murah abis ciinn.. sekamar per malem (kamar mandi diluar) cuma Rp. 80.000,- sementara yang kamar mandi didalam dan air panas cuma Rp. 130.000,- cuma yaaa gada sarapannya (penting loh inih..)

Dieng ituuu dingin abisss.. hahaha...
kalo menurut Wikipedia Dataran Tinggi Dieng itu 2.000m diatas permukaan laut dan dinginnya itu 15-20 derajat klo siang sementara malam bisa sekitaran 10 derajat celcius.

Dinner depan perapian..

di Dieng itu gak kayak di Jakarta, makanan jam berapapun ada,, disini sudah jam 8 malam semua habis atau sudah tutup. maka mendingan klo disini, selagi toko makanan masih buka, mending makan, karna saat mau pesen makan di penginapan ternyata mereka ga nyiapin..

beuh.. malam itu tidur meringkuk dibawah selimut. padahal ga pake AC (ya menurut loo)... dan rencana untuk melihat sunrise (yang mesti hiking dari jam 4 pagi) pun dibatalkan, secara dingin dan membeku yakaaann..

bangun pagi-pagi rebutan mandi..
hahaha,

jadi yah, karna kamar gw doang yang ada kamar mandi didalem nya. dan dalem kamar mandi itu ada air angetnya, jadi semua orang pada mau mandi di situ.. rebutan deh,, pertama @mphiee2502, trus lanjut Jerojero, trus lanjut om Novri, Om Jajat, gw dan terakhir Mas aa.

selesai mandi dan sarapan, langsung cus menuju Telaga Warna.

gerbang Telaga Warna
picture taken by Rizal the Guide

Abis dari Telaga Warna, kita ke Theater, nonton film 23 menit, mengenai Dieng. pas kita nyampe, film baru mulai. Rizal the Giude nyaranin kita naik ke puncak bukit buat liat Telaga Warna dari atas.

Telaga Warna dilihat dari atas (belakang gw)

Jerry girang abis..

pas balik ke Theater itu, filmnya baru mulai lagi. jadi yaa, nungguin film selanjutnya deh. sambil nunggu makan jamur chrispy, makan kentang goreng sama makan manisan buah khas Dieng, namanya manisan Carica. rasa buahnya sih ga enak. tapi dibikin manisan jadi lumayan laahh..

Film nya berdurasi 23 menit. menceritakan soal Dieng, trus gimana terbentuknya Dataran Tinggi Dieng, trus hasil tanam nya. suhu, segala macem deh.. pertengahan film Jerry tidur..

Plang Gerbangnya si Theater

selesai nonton, perjalanan selanjutnya adalah ke kawah-kawah.. entah kawah apaan, gw sih tinggal di mobil karna Jerry tidur.. jadi dapet foto-fotonya doang.

ala-ala Mortal Kombat something

pas di kawah ujan guedeee.. makanya lama banget di kawah, padahal yang diliat (dan dicium) cuma belerang,, *hoek,,

abis dari Kawah trus ke Candi-Candi..

ujan-ujan di Candi

abis dari Candi,selesai lah trip dari Travel Guide nya. trus pisah sama Rizal the Guide, off we go to Bandung.
itu jam 2 siang.

Tak disangka-sangka, mereka Kopdaran dong di Wonosobo,, meh..
akhirnya dari Wonosobo jam 6 sore, sampe Bandung jam 6 pagi..

extend cuti deh,,

rencananya taun depan RoadTrip ke Bali..