Senin, 01 Oktober 2018

Personal Space

Pas berada dalam antrian terus yang antri di belakang lo maju sangat dekat ke lo sampai rasanya kedengeran suara napasnya dan orang antrian belakang itu totally stranger. atau tas nya nyundul-nyundul ke punggung lo, keganggu gak?

atau saat orang yang lo kenal tapi bukan inner circle lo, tapi klo pas dia bicara, wajah nya di maju-majuin sampe deket2 ke muka lo, atau tiap dia mau bicara, tangan nya pasti pegang tangan lo atau bahu lo seperti cari perhatian. keganggu gak?


yes, gw selalu merasa terganggu dengan yang kaya gitu.



kadang klo mood lagi bagus saat menghadapi hal kaya gitu, gw diem aja dan berusaha toleransi. tapi klo mood lagi gak bagus, kadang gw pergi atau gw menunjukan muka ga enak.

at first i thought i was lebay..
tapi TERNYATAAA

ada cultural anthropologist yang mempelajari hal ini, ya wikipedia bilang sih tahun 1963. blio namanya Dr. Edward Hall. blio kasi nama studi nya "Proxemics" . if you need to know what proxemics is, please click here


sering nemenin anak gw nonton Lion Guard di Disney Channel, disitu ceritanya soal si anaknya Simba (karakter Lion King) namanya Kion, yang bertugas menjaga "Pride Lands". Pride Lands itu teritori nya singa dengan beberapa binatang lain yang bersimbiosis mutualisme, nah selain pride lands ada juga Outlands nah itu isinya hewan-hewan yang pingin menguasai Pride lands atau memangsa hewan yang ada di Pride Lands, *mulai ngaco

maksudnya bukan mau ceritain film nya Lion Guard kok, yang gw maksud, hewan aja punya wilayah teritori nya sendiri. dan tanpa disadari sebenernya manusia juga kok, dirumah tuh ada yang namanya teras, yang sebenernya fungsinya memisahkan orang yang ada di dalam rumah dengan tamu nya.

jadi ya, berdasarkan studi nya Pak Edward Hall itu, space between people itu dibagi beberapa jarak ada yang namanya intimate distance, personal distance, social distance dan public distance. si intimate dan personal distance itu disebut personal space. nah beberapa orang (termasuk guwah) katanya sangat menghargai personal space itu dan bisa ga nyaman, marah atau bahkan gelisah klo si personal space nya di ganggu.

Alhamdulillah, gw gak gila ternyata ya..
hahahaha...

tapi ya kayaknya gw memang gila. karna saat naik commuter line, gw bisa biasa aja walaupun muka gw kadang di punggung orang.. hahahha...

ya akhirnya sih solusi nya cuma 2 sih, either you adapt nor tinggal dirumah aja.. hahaha..

i manage to appreciate other's personal space sih. ya salah satunya dengan kasih jarak sama orang depan gw pas dalam sebuah antrian.

marilah kita hargai personal space nya orang!

Tidak ada komentar: