Rabu, 04 Februari 2015

the Never Ending War

hari ini buka facebook, trus seoarang teman baik posting sebuah link video dari youtube. judulnya adalah "The Mother 'Hood Official Video"

Iyaaa

video ini menggambarkan tentang perang yang selalu ada diantara Ibu-Ibu (bahkan disitu ada juga SAHD - stay at home dad).
masalahnya yaaa same old same old..



Bayi Asi, Bayi Susu Formula, Ibu bekerja, Ibu yang tinggal dirumah, Pake Baby Sitter, Ibu yang lebih pilih gendong anaknya kemana-mana, Ibu yang pake stroller kemana-mana, Ibu yang pilih anaknya pake Diapers atau enggak pake diapers, Ibu yang melahirkan normal, Ibu yang melahirkan sesar..

sebenernya gw ampe sekarang (anak gw udah umur 3,5 tahun, dan sedang mempersiapkan diri untuk hamil lagi) masih gak habis pikir ya dengan perang yang dilakukan sama ibu-ibu itu baik secara disengaja atau tak disengaja. kenapa pada nyinyir sik?

Dipikir Ibu-Ibu yang gak kasih ASI ke bayi nya ga pernah punya keinginan buat nyusuin anaknya langsung apah? pasti pernah.. tapi ada keadaan yang bikin dia ga bisa kasih ASI ke anaknya, contoh yang gw tau yak mungkin produksi ASI nya gak mencukupi kebutuhan bayi nya, atau keadaan yang tidak memungkinkan seperti Ibu dan Bayi berbeda kota..

Dipikir Ibu-ibu yang bekerja gak sedih apa ninggalin anaknya dan menitipkan kepada baby sitter/pembantu/keluarga untuk bekerja membantu suaminya mencari nafkah??

Dipikir Ibu-ibu yang melahirkan secara sesar gak kepingin melahirkan anaknya dengan normal? apa yang nyinyir tau kalo mungkin ada keadaan yang mewajibkan Ibu nya sesar?

Kebetulan gw adalah emak-emak yang diberi kemudahan untuk melahirkan secara normal, gw masih bisa berjuang untuk J full ASI selama 14 bulan dan terus menyusui sampai J 2 tahun walaupun di tambah bantuan susu sapi setelah J 14 bulan karna tempat pumping di kantor baru gak memadai.. tapi iya, saya bekerja pagi sampe malem buat bantuin suami mencari sesuap nasi dan sebongkah berlian, dan menitipkan J ke pembantu.

Terus Kenapah??

Kenapa sih nyinyir?

apa gada lagi yang dipikirin sampe harus mikirin keputusan-keputusan orang lain? yah, sebagai orang dewasa yakan, keputusan-keputusan yang diambil udah tau resiko nya apa yakan..

plis udahan lah yaaa nyinyir nyaaahhh.. masih banyak kok yang bisa dipikirin.. misalnya, bayaran sd anak, kurikulum yang gak jelas sampe sekarang, mau masak apa seminggu ini, mau bikin program belajar apa buat anak.. masih banyaaakk cuuy.. ngapain mikirin keputusan orang lain?

Semoga, nanti kalo udah diizinkan sama Allah untuk membesarkan baby#2, perang-perang macem gini udah gak ada yaa.. atau paling enggak udah gak se-hot waktu mengandung, melahirkan dan membesarkan J sampe usia 3,5 tahun ini.

sudah ya Ibu-ibu..

Tidak ada komentar: