Senin, 04 Mei 2015

2nd Pregnancy, Miscarriage, Kuretasi dan nasib Pasien BPJS

Herewith I announce that I was pregnant and miscarriage. Karna ada sisa darah dan jaringan yang masih bersarang di rahim, Dokternya pun bilang harus dilakukan Kuret. gw Tanya bisa pake obat aja apa enggak, beliau bilang kalaupun pakai obat, dari sejarah yang pernah dia tangani, pasti ujung2nya tetep kuret.


Jadi lah gw kuret tanggal 30 April 2015.

Oia, disini gw gak akan menyebutkan nama dokter dan nama RS ya, karna takut di anggap pencemaran nama baik. eike takut bermasalah sama hukum.. hihih.. 

Jadi awal kejadiannya adalah, (cut the crap yes, semua tau lah pee on stick trus periksa ke SpOg – oh.. hasil USG pertama diameter kantung kehamilannya 1,27 cm.

fast forward..  waktu itu pulang kerja, di awal minggu, took a pee at toilet, and swiped with tissue my-under-there found blood at the tissue. Sat at my car and call Mas aa. Bilang klo ada flek, trus mau ke RS. Keputusan gw saat itu adalah ke RS tempat biasa gw, J dan Mas aa berobat (mari kita sebut dengan RS A), padahal sebenernya RS tempat dokter yang mendiagnosa gw hamil berada gak jauh dari RS itu (sebutlah RS B). Keputusan ini dibuat karna kondisi keuangan.. hahah..  jadi plafon asuransi gw Cuma 1,2 untuk periksa kehamilan, pas periksa pertama di RS B tagihannya langsung 800.000 matek lah, sementara 1,2 itu buat selama 9 bulan.. maka saat itu gw putuskan periksa di RS A.

Sebenernya salah sih, seharusnya gw langsung ke RS B (dan gw menyesal atas keputusan itu).

Di RS A, gw diperiksa sama Dr. U (serius, ini bukan inisial namanya). Perempuan, beliau bilang harusnya gak kenapa-kenapa yang jadi pertanyaan adalah, ukuran kantong kehamilannya masih sama dengan pertama kali periksa SpOg (1,27cm). Cuma disuru lanjutin obat yang dari dr. X (SpOg pertama), dan disuru pulang.

Pulang lah saiah.. malamnya malah ngalir darah. Bilang ke Mas aa, dia bilang suru sms dr. X. instruksi dr. X adalah gw datang ke RS B, untuk di rawat dan diobservasi. Tapi Mas aa malah nyurugh gw tidur. Ya sudah lah ya sebagai istri yang baik saya nurut. (dan keputusan mas aa ini yang gw salahin juga sebenernya) 

Besok pagi nya darahnya masih mengalir,, Mas aa Tanya, mau ke mana kita, RS A atau RS B. gw jawab RS B. ditengah jalan Mas aa Tanya lagi, RS B apa Klinik C?..

Melihat gelagat Mas aa gam au ke RS B, ya sudah lah gw bilang Klinik C aja. Trus mas aa malah marah, bilang kayaknya gw pasrah, bikin dia serba salah ambil keputusan. Laahhh pan dari semalem gw udah bilang klo gw mau ketemu dr. X di RS B. dan ampe pagi masih di Tanya puter2..

Ya udah lah males debat iya ajah. Perut udah mulai melilit dan pinggang mulai sakit… pasrah aja kemana Mas aa mau bawa gw, toh ini istri sama anaknya, jadi keputusan dia pasti udah dipikirin yang paling baik buat semua. 

Di Klinik C ternyata gada SpOg praktek Pagi (padahal sebelumnya gw udah tlp dan operatornya bilang ada SpOg pagi). Ya udahlah pergi lagi kami meninggalkan klinik C. dan menuju RS D, karna RS D ini sejalan sama Klinik C. 

Di RS D, langsung ke UGD. Diperiksa sama Bidan, bidan bilang ga ada pembukaan dan ga ada pendarahan aktif, jadi disuruh antri di poli kebidanan biasa. Lalu di periksa sama Dr. Y, di USG dan ukuran kantong kehamilannya sudah mengecil jadi tinggal 1,0cm. Dr. Y kasih opsi sama Mas aa, mau observasi seminggu atau segera di kuret. Mas aa bilang, mau observasi seminggu dulu dan melanjutkan obat2an yang udah dikasih. Ditambahin obat anti kontraksi sama Dr. Y – yang akhirnya Cuma gw makan setengah- karna pas jadwal minum obat berikutnya, janinnya udh nyemplung ke toilet. 

Pulang dari RS D, mampir maksi dulu. Karna kalo mesti masak, bisa pengsan gw dengan perut melilit dan pinggang sakit. Oia, if you wondering, melilitnya kayak mens hari pertama, bukan rasa kaya kontraksi ya yang ada jeda nya.. ini ga ada jeda.. melilit aja terus.. 

sampe rumah pipis, trus tiba2 ada bongkahan aja gitu keluar dari vajayjay.. bilang mas aa lagi. Jawaban mas aa adalah, nanti sore ke dokter lagi, sekarang istirahat dulu.. 

Sore nya ke RS E. ketemu dr. X - Dr. yang memeriksa pertama kali dan yang nyuruh dateng ke RS B malem-malem, di RS E disuru tunggu 1,5jam ajah.. sedaaaappp deh pokoknya. 

Pas sampe giliran, USG trus kantung kehamilannya udah gada.. cuma sisa darah-darah ajah.. dan disuru kuret sama dr. X. Tanya ke administrasi, trus bilang totalnya bisa 3 sampai 4 juta.. pulang aja deh..

Pagi nya lagi coba nekat urus BPJS ajah. Kebetulan kan memang sudah terdaftar jadi anggota. Tapi belum pernah dipakai ajah. Ke Puskesmas deket rumah, dikasih surat rujukan, kurang lebih 45 menit deh, mulai dari dateng sampe dapet surat rujukannya. Oia, di puskesmas gw bukan di rujuk ke bidan, tapi ked r. umum. Pelayanan nya cepaaattt.. heheh.. sampe sini puas lah ya sama pelayanannya. Duit yang dikeluarin Cuma Rp. 2.000 ajah buat bayar parkir motor.

Oia, situasi nya adalah, mas aa ngantor.. jadi saya dengan perkasa sendirian..

Saya di rujuk ke RS E. sampai RS E jam 10an. Daftar sebagai pasien BPJS, diminta surat rujukan, copy ktp sama copy kartu BPJS nya masing-masing 2 lembar. 

Trus ambil no. antrian, dipanggil ke pendaftaran, langsung ke poli nya. Sampai di poli kebidanan sekitar jam 10.30. ada SpOg yang praktek saat itu. Tp saia diminta menunggu dokter selanjutnya jam 11. Yasudah lah, mungkin SpOg ini gak melayani pasien BPJS.

Jam 11 ketemu sama dr. X (ini ketiga kalinya ketemu dr. X, dan sikapnya berubah bangeeetttt.. dari SpOg yang ramah dan informative, jadi SpOg yang dingin dan kata2nya agak kasar. Agak tersinggung sih sebenernya sama beberapa kata2nya beliau.. jadi dia ngomong : ooo klo pasien BPJS, beda ya, ga bisa hari ini langsung kuretnya. Besok. Klo BPJS ada aturannya. 
Dan gw jawab ok dok gak apa2. Trus dia bilang gini lagi dong, “kamu oke, oke aja, semua pasien BPJS begitu, aturan dilalnggar-langgar, nanti klo ada masalah baru bingung, 100% pasien BPJS begitu”

Eh eh eh.. aturan mana yang gw langgar.. eh eh eh.. ini tersinggung loh, gw jawab dia, “tapi dok saya kan bukan mereka dok” trus jawabannya “sama aja” - kan bangke kan... 

Lah.. mana dokter ramah dan informative yang kemaren ya? ilang kemana ya?ilang ke apus sama swipe-an kartu BPJS??

Serius ya, duit bisa merubah orang,,
Oke lah, saia butuh maka saia diam.. tapi besok2 saia gak ke anda lagi ya dok.. ah, Cuma satu pasien yang gak mau ke anda lagi kan.. pundi2 uang masih banyak kaann.. gpp lah ya dok..maaf ya Dok. 

Trus gw diajak susternya ke nurse station. Dijelasin klo harus nginep malem ini, tindakan besok jam 11 siang. Trus disuru ke kasir, trus ke pendaftaran lagi buat minta kamar, trus ke administrasi rawat inap. Sampai posisi ini gw ga diminta bayaran sepeserpun, kecuali es the manis yang beli dikantin. Hehehe..

Di admin rawat inap dimintain lagi copy rujukan, kartu BPJS sama KTP masing-masing 1 lembar. Udah dapat kamar, tanda-tangan semua form, balik lagi ke nurse station poli obgyn. Sama bidannya dikasih resep, sama pengantar lab. Disuru periksa lab trus ke apotik. Masih ga bayar. 

Ke apotik dinas (apotik khusus pasien anggota kemenhan sama pasien BPJS/Askes atau apalah itu asuransi pemerintah). Di apotik itu ternyata ada obat yang ga ada. Harus beli di apotik umum (ada di sebelah apotik dinas). Nah di apotik umum itu baru bayar 10.000 buat satu macem alat kesehatan, bukan obat sih, entahlah apa itu..

Oia, sebelum ambil obat sempet pulang buat cuci piring dan ambil baju dan perlengkapan yang gw rasa perlu buat nginep semalem di RS. Balik lagi ke RS buat tebus obat, terus ke poli obgyn lagi. Nah di poli baru di pasangin infus. Selesai pasang infus, dianterin ke kamar.  Sampai kamar udh disiapin makan siang. Nasi lembek, trus tahu sama sayur.. –eh ini kok ga ada protein hewaninya- (lalu dijawab sama sebuah kartu yang ada di dompet, woy, sadar woy pasien BPJS)..dan begitupula makan malamnya. Tanpa protein hewani. Ya akhirnya makan pizza sama martabak aja dari temen-temen. Makanan RS gak tersentuh.

Jam 12 malem disuru puasa sampe waktunya kuret. Kuret sendiri dijadwalin jam 11 siang. Udah lah ya ga dikasih makan, dan ternyata ga boleh minum (gw ttp minum sih). Jadwal tindakannya mundur karna ruang operasinya Cuma 1. Gw baru dibawa turun jam 2an. Didorong2 ke ruang operasi, disuru ganti baju, bajunya dikasih sama susternya ke mas aa yang nunggu diluar.

Gw dipindahin ke ruang operasi trus di ruangan itu ada 3 orang laki-laki, satu mungkin dr. anastesi, trus 2 lagi mungkin perawatnya. Dan ga ada yang gw liat mukanya kayak apa. Karna semua pake masker. Baru pindah ke meja operasi, si dr. anastesi nya lgsg suntikin 2 ampul entah apaan itu, udah disuntik lgsg tidur.

Bangun-bangun udh diruangan tempat persiapan tadi sekitar jam 4an berarti I was out for about 2 hrs. Sudah sadar, lalu langsung dibawa naik ke kamar dan disuru nginep lagi semalem.

Iya, gw gak ketemu dr. X..
Dan ternyata Mas aa pun ga disamperin dr. X

Babi ye ternyata dr. X inih.. hahahah…  sebelum gw dibius, dia ga mau tuh repot2 nyamperin gw buat menjelaskan prosedur apa yang akan gw jalanin. Atau setelah gw sadar, dia juga gak mau repot-repot nyamper gw bilang klo prosedur yang dilakukan sudah berhasil atau gagal atau apalah gitu. Dia juga bahkan gak mau repot buat keluar, temuin mas aa dan menjelaskan sesuatu. Atau at least nyuruh perawatnya kek buat melakukan hal itu. Ini enggak ada,, sama sekali.

Jadi selama 2 jam, mas aa ga tau apa-apa yang terjadi pada istrinya didalem.

Di kamar ternyata masih ga boleh makan. Katanya takut muntah karna masih ada pengaruh obat bius. Saya.. makan 2 potong martabak semalem. Lah wong laper.. daripada malah matek kelaperan..

Dan karna saia pasien BPJS maka saya harus nginep semalem lagi di RS sini.

Ya sudah lah nurut. Saya kan nurut padahal dr. X bilang 100% pasien BPJS itu gak mau ikutin aturan dan prosedur BPJS. jadi Dr. X, prosedur bagian mana yang saya langgar??

Seorang Suster dengan rambut di re-bonding bilang sama mas aa klo besok boleh langsung pulang ga perlu tunggu dokternya. Admin Rawat inapnya buka mulai dari jam 9 pagi. 

malam nya gw ga ditemenin Mas aa, darah sempet naik ke selang infus gw, pencet2 yang buat manggil suster ga dateng-dateng, sampai akhirnya di samperin sama temen gw, ternyata susternya ngobrol semuah.. 

trus datanglah si suster dengan rambut re-bonding itu, tanpa ditanya dia bilang, "tadi lagi operan" tanpa minta maaf.. (inget mbak, pasien BPJS, jangan kebanyakan mau.. hahaha) trus dengan kasarnya infus gw dicabut. gapake penjelasan apapun, cuma bilang "dibiarin kosong aja bu"

besoknya Mas aa datang jam 9 pagi. berharap istrinya bisa langsung keluar RS. ternyata si suter re-bonding itu bilang harus nunggu perintah dokternya. Mas aa bilang, oke saya telpon dokternya" trus si suster kaget "loh Bapak ada nomernya" dan mas aa pun berlalu sambil sombong bilang "ada"

henpon si Dokter X ini mati dan sms gak dibales (yaeyalah, wong henpon nya matek). mas aa nyuruh gw pulang aja, nanti abis sholat Jumat balik lagi. trus pas balik kamar, kita dicegat suster re-bonding itu. katanya udah boleh pulang, dan dokternya belom bisa dihubungi.. lah terus, gw nunggu apa daritadi? untung udah pulang gw. 

uruslah gw administrasi pulang, dan cuma admin ini yang mau senyum dan ngobrol sama gw yang adalah pasien BPJS. 



Begitulah cerita keluarga kami di minggu terakhir bulan April. Gw sih kesian ya ama yang bener2 pemakai BPJS dan yang bener-bener udah sakit. Prosesnya sih udah dipermudah semuanya, Cuma perlakuannya yang berbeda. Dulu pernah rawat inap tanpa BPJS, Cuma disuru msk ugd trus tinggal tunggu, semua disiapin sama perawatnya, dan orang lab nya datang. Kalo ini gw mesti ke lab sendiri, tebus obat yang isinya botol infus, jarum sama alcohol swap sendiri,, semua semua diurus sndiri. Untung gw masih sehat. Coba klo setengah sadar, kan kesian… 

terus soal perlakuan dokter. Ya iya sih, apa yang dilakukan dengan menerima pasien BPJS emang perlu di appreciate, karna dari beberapa literature yang gw baca. Dokter yang diwajibkan buat terima pasien BPJS bahkan ga dapet apa2. Komisi kek dari pemerintah atau apa kek. 

Tapi lucu aja waktu sebagai pasien umum diperlakukan dengan senyum, ramah, informatif, trus pas jadi pasien BPJS malah dicuekin. bener-bener berbeda. bahkan selama 3hari 2 malam di RS, gw gada pernah di visit dikamar sama pak Dokter itu. Kalau bidannya sih perlakuan ke gw masih sama, masih tetep ramah. sementara susternya mungkin di RS itu memang dididik galak dan gak perhatian, mengingat pasien di RS itu kebanyakan veteran perang, angkatan, tentara, polisi, yang notabene mereka strong. - ya bukan pembetulan juga sih sebenernya. 


semoga hal ini cuma dialami sama saia dan keluarga saia sajah. tulisan ini dibuat bukan untuk menjelek2an seorang Dokter atau sebuah Rumah Sakit. harapan saia disini hanya agar dilakukan perbaikan layanan, jangan sampai ada perbedaan pelayanan untuk pasien yang bayar pake duit sendiri secara cash dan pasien yang dijamin sama sebuah asuransi dari pemerintah yang dibayarkan setiap bulan. semoga Pemerintah dapat merumuskan komisi apa yang bisa diberikan ke seorang Dokter atau ke sebuah Rumah Sakit yang menerima pasien BPJS, mengingat biaya sekolah kedokteran apalagi sampai mengambil spesialis itu gak murah. karna sebagai pasien, program BPJS kesehatan ini sangat membantu. 

oia, sekali lagi, maafkan saya ya Dokter X, saya gak mau ketemu sama dokter lagi.. dan saya yakin, dokter gak mau ketemu saya lagi kaaan.. 

5 komentar:

SenJie mengatakan...

Hehehe..
Pdhl bpjs juga bayar per bulan ya..
Gak gretongan.
Mgkn hrs apa revisi prosedur / lainnya dr pmrnth ke bagian kesehatan yg masuk kategori bpjs.
Agar tidak lagi konsumen dirugikan

Unknown mengatakan...

Dear Mba Sri,

Terima kasih atas infonya... Dan kisah anda persis seperti kisah saya dan istri saya... Ternyata kasta itu ad mba Sri ... Semoga tidak semua Dokter seperti itu ...

Unknown mengatakan...

Sebenarnya bpjs itu bagus kok asalkan kita bisa memilih RS yang tepat. Krn selama ini sy diperlakukan dengan baik dan ramah seperti pasien umum biasa dan tidak ada beda..

Mirtyadiputra mengatakan...

iyes, saya gak milih RS yang tepat. karna sesuai sama area saja, puskesmas ini di rujuk ke rs ini.. gitu kan? dan mungkin ekspektasi saya yang terlalu tinggu

Unknown mengatakan...

Wah,,,setelah membaca pengalaman anda,sy semakin gk respek sm BPJS puskes,,sy pernah berobat dgn layanan BPJS puskes tp saat sy mengeluhkan sakit yg sy keluhkan dokternya cuek aja seolah gk menghiraukan keluhan pasien natap sy aja enggk,menjawab salam assalamuallaikm aja enggk,padahal jelas2 dia pakai kerudung mentang2 sy pakai BPJS puskes,,perlakuanya terlalu menyepelekan,,mulai dr situ lebih baik sy berobat ke klinik mahal sedikit gpp tp gk kaya pengemis minta d kasihanin,