Selasa, 26 Mei 2020

Covid-19, PSBB, New Normal dan Herd Immunity



Akhir 2019 mulai kedengeran tuh yang namanya Corona Virus menerjang Wuhan, China. Terus mereka lock down. Eh virus nya menyebarlah keseluruh dunia. Negara-negara di dunia menerapkan aturannya masing2. Ada yang bandara di tutup total,, ada yang total lockdown,  bahkan manusia nya gak boleh keluar rumah.

Di Indonesia sendiri, kepedean. Bahkan gw sempet dapet meme yang bilang, orang Indo kebal Corona, karna biasa makan gorengan pinggir jalan, atau karna iklim di Indonesia yang bikin virus nya K.O.

Penerbangan international masih dibolehkan, sampai akhirnya, awal maret 2020, adalah yang positif 2 orang. Baru deh ketar ketir orang2..

Pertengahan Maret, baru diputuskan PSBB, pembatasan sosial berskala besar. Mall mulai ditutup, tempat makan hanya diperbilehkan take away, akses masuk gedung perkantoran dibekali termometer gun atau heat detector. Kemudian berkembang, bidang usaha yang boleh tetap beroperasi adalah ini, ini, dan ini, yang lain tutup sementara.

Semua dibatasi

Tapi, gimana tingkat keberhasilannya?
Ya ga tau juga sih, per tanggal 19 Mei kemarin, sudah tembus 20.000 orang positif Covid-19 di Indonesia. Dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

Menurut lo gagal ya?

Menurut gw sih, bukan pemerintahnya gak capable menangani penanggulangan pandemic ini. Tapi ada manusia nya yang kedisplinannya kurang dan klo udah ketularan, baru deh mencaci maki pemerintah..

Jadi salah orangnya nih?

Ya gak bisa disalahin orangnya juga sih, karna kebanyakan dari mereka melanggar PSBB juga karna tuntutan hidup mereka. Mereka butuh tetap keluar rumah supaya tetap dapat penghasilan. Atau mereka bekerja di perusahaan yang bidang usaha nya dikecualikan dan aturan dari perusahaannya menetapkan harus tetap bekerja dari kantor.

Jadi salah siapa?

Gada yang salah sih.  Pemerintah sudah berusaha buat bikin peraturan dengan menimbang sana sini jangan sampai negara juga jadi chaos. Orang2 juga sudah semampunya stay at home. Cuma keluar buat kerja atau pergi beli kebutuhan sehari2 trus dikit2 semprot sanitizer, dikit2 semprot disinfektan.

Ya kalo udh kejadian begini sih mending jangan main salah2an sih. Lakuin aja yang paling bisa lo lakuin. Simple thing, sering2 cuci tangan dan jangan males mandi klo dari luar rumah, walau cuma ke alfa depan komplek. Dan kurang kurangin deh ke-egoisan mau kumpul2, walaupun kumpul nya dirumah orang.

The worst part of this pandemic is Lebaran.. 
Bukan Lebaran nya yang salah sih. Tapi tradisi nya..
Tradisi mudik, tradisi baju baru, tradisi masak agak lebih mewah, tradisi silaturahmi ke rumah orang. Bikin orang jadi keluar rumah dan berkerumun di pusat perbelanjaan yang buka. Membuat resiko tertular jadi lebih besaaar.

Gw tinggal deket sama distro.
Menjelang Lebaran kemaren. Yang selama kurleb 2 bulan ini itu jalanan jam 8 malem udah kek jam 12 malem, kemudian berubah menjadi seperti ga ada kejadian Covid-19. Distro antri cooy..

Duh, distro tuh kan pangsa pasarnya anak muda yaa.. gw aja kesana di panggil tante ama spg nya (huft..)
Anak muda kan harusnya melek mengenai hal yang lagi update ya, bahkan di instagram banyak kok yang update jumlah yg terjangkit. Banyak kok yang update jargon2 dirumah aja, stay safe, hindari kerumunan.
Ini kok ya anak muda nya pada..... (Ingin ku berkata kasar)

Terus gw kan mudik ya.. ke Bogor.. yang masih area Jabodetabek. Dijalan lewat sebuah mall, gelap sih tapi ada spanduk tulisan "Ramayana tetap buka". Besokan nya, scrolling IG. Ada beritanya dooong.. katanya didalam ramai, spg nya pake baju biasa.

Terus ada berita lagi pasar kebayoran penuh orang mau belanja..

Duh. Hp jangan cuma buat Instagram lah Ganks..

Gw beli bumbu yang biasanya gw beli di uni2 pasar, belinya di platform ecommerce. Beli daging dan ayam via Ojol, beli ketupat jadi via wa grup.

Lebaran gw tetep terlaksana kok.

Baju?
Pake yang taun kemaren2.
Punya J, malah sudah merekecetet alias kesempitan.

Yaah gw pribadi sih yaa bener2 meminimalisir pergi keluar rumah kecuali ke kantor dan supermarket. J sama Rey bahkan gak gw ijinin keluar main sama temen2nya.. gw, mas aa dan abgcantik memang tetep harus kantor. Tapi sampe rumah bener2 gak ngapa2in langsung mandi bersih2.

Serius, gw separno itu..

Gubernur DKI Jakarta memperpanjang PSBB sampai dengan 4 Juni 2020, setelah itu masa transisi menjalani "New Normal". tapi ya ga tau juga deh beneran 4 Juni PSBB diberhentikan atau enggak, mengingat Jakarta sendiri punya kasus Covid-19 yang banyak, dan setiap hari juga gak turun jumlah penderitanya, (hmmm, CMIIW..)

Pertanyaannya sendiri sekarang sih, 
emang udah siap Jakarta, Indonesia menjalani "New Normal"?
melakukan kegiatan Normal dengan cara yang baru, dengan tetap melakukan social distancing dan protokol - protokol kesehatan. 
apa iya, manusia di Indonesia sebegitu disiplinnya menerapkan protokol - protokol kesehatan? 

tapi klo tetep PSBB, apa iya ekonomi negara bisa tetap baik - baik aja?
apa iya pengusaha - pengusaha swasta bisa survive klo bidang usahanya bukan yang dikecualikan?

Nah, galau kan?

yah, sekarang balik lagi aja ke diri masing - masing. lakukan sebisa mungkin yang terbaik buat tidak memperparah jumlah penderita Covid-19. yaaa kurang - kurangin deh hasrat nongkrong di cafe, kongkow - kongkow.. kurang - kurangin deh kegatelan window shopping di Mall (btw, Mall nya sendiri katanya akan di buka tanggal 5 Juni 2020). kurang - kurangin lah kumpul - kumpul sama temen - temen.

gw?
menderita banget sih 
gw tuh hugger person. gw suka banget peluk - peluk, gelendotan, cipika cipiki. terus gegara korona, salaman maaf - maafan juga cuma dari jauh.. 

stay healthy and safe You all.. 

Love
Hugger Person 

Tidak ada komentar: