Kamis, 01 Desember 2011

ASI, manajemen ASIP

Dari baru hamil, gw udah niat kasih ASI ekslusive buat Jerry selama 6 bulan, dan selanjutnya selama anaknya masih mau. 

awalnya Mas aa ungkin gak terlalu aware soal ASI, dia sempet bilang, buat nambah nutrisinya mesti tetep dibeliin susu. 
sempet sedih sih dengernya, tuh anak gw, mosok nyusu nya ama sapi... :D

dengan trik selalu gw buka artikel tentang ASI (biar secara gak sengaja terbaca dia) lama kelamaan dia mengerti klo emang ASI yang terbaik, tanpa harus ada tambahan apapun. 

ternyata kasih ASI itu gak cuma urusan tete dikenyot bayi..
masih banyaakkk printil-printilan lain


Jerry dilahirkan di RS yang gak Pro ASI, bahkan mereka gak IMD (sedih rasanya.. :( -adiknya Jerry nantinya harus IMD!) 

Jerry bahkan langsung dibawa keruang bayi (gw bahkan gak sempet pegang anak gw sendiri) Jerry lahir jam 5 sore, gw baru pegang Jerry jam 9 malem, itupun gak sampe 10 menit. (kalo Mas aa gak minta, bisa besok baru ketemu Jerry.. )

pertemuan pertama gw ama Jerry diisi dengan belajar perlekatan yang baik. tapi nakesnya gak terlalu sabar untuk ajarin.. dan ASI gw blom keluar, cuma kolostrum.. dengan alasan suhu ruangan dingin, Jerry dibawa ke Ruang bayi.. cuma bisa pasrah.. karna gw dan mas aa sendiri blom tau apa2 soal urus2 bayi

paginya, Jerry kembali datang diantar nakes ke ruangan. belajar perlekatan lagi,, walaupun ASI blom keluar.. tapi cuma sebentar, karena ada sodara2 dateng. ada tante ku yang dateng, Jerry muntah dan menangis, gw dimarah2in sama si tante ini, katanya gw sama Jaya membiarkan Jerry kelaparan. 

malamnya, gw cuma berdua Jerry, kami saling belajar perlekatan yang baik.. Jerry nempel aja, klo dilepas menangis, gw kasih nen lagi, diem.. ampe akhirnya mas aa dateng,, tetep begitu.. nakes dateng, nen dilepas Jerry nangis, nakes bilang Jerry kelaparan.. nakes sama sekali gak mensupport atau mendukung ASI ekslusive, kami menyerah.. kami berikan formula.. hiks.. gak tau berapa banyak formula yang dikasih sama nakes sampe besok pagi nya

besoknya, pengurusan kepulangan, ASI belom keluar juga. PANIK!
gw cuma berdua mas aa. sampe dirumah, Areola dipencet2,, akhirnya keluar putih2 menetes.. ALHAMDULILLAH....
Jerry lgsg nen saat itu. lamaaa sekali nen nya,,,

setelah itu, ga ada masalah2 yang timbul soal ASI, alhamdulilah ASI lancar Jaya, cukup untuk memenuhi kebutuhan Jerry, dan alhamdullilah bisa mompa untuk stok,, stok nya waktu itu diperuntukan pas ke mol doang, pake Dot.. (ini cara yang salah!! jangan ditiru pake dot, harusnya pake cangkir, sendok, atau pipet.. tapi salahnya, saia terlalu malas untuk ngajarin pake sendok/cangkir - selain itu Jerry klo pake sendok/cangkir, tumpah semua ASI,, kan sayang.. satu tetes pun berharga booo... )

selama seminggu mudik, ga bisa mompa -karena keadaan..
disana dibilang ASI yang udah keluar itu basi, disana mompa itu aneh, yaahhh.. selama mudik ya Jerry langsung nempel aja deh pokoknya,,

mudik itu 2 minggu sebelum ngantor..
selama 2 minggu itu gw kejar stok.. stok yang dikulkas mesti diabisin, karena daya tahan ASI di freezer kulkas 1 pintu cuma 2 minggu maksimal!

masalah lainnya adalah, Jerry ga mau minum dari dot, maunya langsung nen.. jadi mesti diajarin dot lagi :(

ditinggal kerja, punya stok sekitar 30 botol @100cc - 110cc
selama ditinggal kerja Jerry (kurang lebih 12 jam) Jerry ngabisin sekitar 5 - 6 botol.. tapi seminggu kemaren bisa ngabisin 7 botol..

jadwal perah sekarang adalah tiap pagi, bangun tidur, pumping. klo sebelumnya jerry ga bangun minta nen, biasanya dapet sekitar 120 - 150 cc, tapi klo jerry udah nen duluan, biasanya cuma dapet 50 - 70 cc (lumayan tabungan) dikantor gw usahain mompa sampe 4 kali, tiap kali mompa 15-20 menit jam 9 pagi, jam 11.30, jam 2 siang, dan jam 4.30 sore.. tiap pompa bisa dapet 120 rata2 (bisa kurang-bisa lebih) trus sampe rumah, biasanya jam 7an, pompa lagi, dapetnya segitu juga.. 

yah, insyaallah impas lah sama kebutuhan Jerry. klo lagi banyak bisa dapet 700cc perhari (diluar nen langsung) kalo lagi biasa2 aja 400 - 500cc

tapi saya yakin, bisa ASI exclusive!

Tidak ada komentar: