Senin, 12 Agustus 2013

Parents Know Best for their Children


eaaa,,,

barupun lebaran, udah nyampah lagi.. *post sebelumnya nampaknya hanya formalitas belaka,, 
hahaha...

beberapa hari yang lalu, tepatnya lebaran hari ketiga, jadwalnya kumpul keluarga besar, as in sangat besar,, kumpulnya anak-cucu nenek dari nyokap, jadi nyokap gw punya nyokap, nah ini adek beradek dari nyokap nya nyokab gw, nahlo keder dah.. hahaha... 

dan yang ngumpul itu beragam, dari mulai oma opa umur 80an sampeee bayik-bayik yang bahkan belum bisa jalan. 

Jerojero punya 2 orang sepupu yang cukup deket. sama laki semua, usia hampir sebaya (cuma berbeda beberapa bulan ajah) dan sifat yang 11-12.. mereka bertiga bisa dibilang memang bikin rusuh dan agak brutal klo kumpul bertigaan. lelarian, dorong2 kursi, pegang-pegang patung, bolak balik ambil kelengkeng, joget-joget, ketawa-ketawa, dorong-dorongan, nangis-nangisan, yang semua nya masih gw bilang berada dalam taraf normal. normal untuk Jey, Dey dan Bie

tapi ga dianggap normal sama oma2 dan ande2 disana.. 


sepanjang acara gw disuruh ngediemin ketiga anak itu, udah cuaca panas, lokasi acara gak ada kipas/AC pokoknya mendukung buat tensi gw naik lah yaaa.. hahaha.. 

akhirnya gw jawab, iya nanti aku masukin mobil ajah trus ga keluar-keluar lagi, lgsg kena marah lah gw.. hahaha.. dibilang bukan dikurung dimobil, tapi diajarin.. 

ya menurut L, selama ini eike ga ngajarin anak? Hah? Haahh? Haaahhhh??? menurut L, anak umur 2 - 4 tahun itu udah ngerti bahasa kita orang dewasa? manurut L, dengan gw bilang "Jey, ini ga sopan" trus dia langsung ga melakukan hal itu? 

dan gw sempet denger klo ada yang mau iket anak gw,, WTF???

eeaaa,, 

pulang dari acara itu, mampir lah kerumah sepupu gw yang lain dan disituuu,, dapet tegoran agak kenceng lah gw dari tetua tetua itu, yang gw tangkep adalah anak gw gak beretika dan  gw ga bisa didik anak *ini gw sensi plus lebay sih* *tapi kan gw ikutan mainstreem, lagi happening lebay ya gw lebay, tar klo ga ikutan mainstreem gw dianggap so last year lagi* hahahhag

dan 3 krucils itu mulai dibanding-bandingin sama anak2 lain yang ada disana.. 

lah loh lah loh.. 
situ mau situ dibandingin sama orang lain, hah? haah? haahhh?
ga mau kan, kan kan, rusak lah egonya situ klo di bandingin ama yang lain. 

memang selain 3 krucils itu anak-anak disana ga selincah 3krucils itu. tapii saiah paling anti klo anak saya dibanding bandingin ama anak lain.. karna saia tidak pernah melakukan hal itu.. 

ya eniwei.. 
kelincahan 3 krucils itu dianggap mengganggu seisi acara lah. dan gw makmak lebay ini, tersinggung dan bersabda, apabila diundang keacara begituan klo gada playground buat Jey, gw ga mau hadir, mending miskin gegara mudik tapi anak gw dihargai kelincahannya daripada begindang..

situ mau Jey Dey dan Bie diem,, klo mereka diem ya berarti mereka sakit. situ mau ngurus klo mereka sakit? gak kan, wong keringetan aja ga mau kok.. 

jadi begini,,
in my opinion *using my small little grey brain in my head* ga boleh tuuh ngebanding-bandingin anak satu dengan anak lain.. apalagi anak lain itu masa bayi nya adalah belasan taun yang lalu.. ya berbeda lah yaaa.. zamannya saja sudah berbeda, makanannya aja sudah berbeda. Gen dan DNA nya aja berbeda, ya jangan dibanding-bandingin dong maakk... wong sudara kembar dari 1 sel telur aja kelakuannya bisa beda, ya apa lagi klo orang tuanya beda..

dan yang tau keseharian anaknya ya orang tuanya. 
yang tau cara terbaik buat mendidik anaknya ya orang tuanya. 
Jey anaknya ga bisa dikasih tau,, 
Jey itu plekplek bapaknya, cuma bisa kapok klo udah kena batunya. so be it.. 
thats how i teach my son, (kata kerja keduanya teach apaan yak?) 
gw cuma mengawasi jangan sampe berbahaya buat Jey
Jey manjat-manjat, silahkan, tapi sebelumnya gw bilang "awas hati-hati jatuh" dan gw selalu berada disamping dia saat dia manjat-manjat, jadi kalo kalo dia jatoh, bisa gw tangkep duluan, abis itu baru gw bilang "i've told you, manjat-manjat itu resiko nya bisa jatuh, klo jatuh itu sakit"

Jey diiket? maak,, Jey itu energi nya besar dan banyak, klo di tahan yang ada pasti dia stress,, yang ada dia ga nyaman sama orang tuanya, klo ga nyaman sama orang tuanya nantinya dia bakalan cari orang atau sesuatu yang bikin dia nyaman.. apa yang bisa bikin nyaman? narkoba, rokok, (ini kejauhan sih, muahahah,, namapun makmak lebay) trus yang repot siapa? orang tuanya lah, situ repot? ya enggak lah, paling cuma bisa bergunjing,, *eh 

bukan
bukan gw membebaskan dan membiarkan Jey melakukan apapun yang dia mau. tapi menurut gw ini proses pembelajaran Jey, proses pendewasaan Jey bahwa apapun yang dia lakukan ada resiko nya. resiko itu harus dia hadapin sendiri, Jey mukul orang, orang balik mukul, ya udah, itu resiko nya. itu yang harus Jey hadapi dan rasakan sendiri, karna gw dan mas aa ga akan selama nya ada disisi dia buat melindungi dia. buat nerima resiko atas apa yang dia kerjain. 

yah, mereka memang sudah sakseis membesarkan anak-anak mereka, kuliah bagus, karir membanggakan, ya mungkin memang cara mendidik mereka sudah benar. dan cara gw mendidik anak gw itu salah dimata mereka, ya udah lah yaaa.. semua orang punya pandangan masing-masing dan pandangan yang berbeda itu harus dihargain dong. gw ga bilang cara gw paling bener. tp Insha Allah ini cara yang paling baik buat Jey.

mengajarkan etika itu gak dalam semenit si anak langsung beretika. dan menurut gw etika itu ga bisa diajarkan tapi harus diteladani. gw gak bisa bilang "Jey, klo salah harus minta maaf ya", ya pasti aja dia lupa, dan dia juga belum tau yang dia lakukan itu salah apa bener, anak umur 2 tahun manapun ngerti bener salah, ya tugas kita lah sebagai orang tua buat mencontohkan ke anak. ini menurut gw bukan cuma tugas orang tua juga sih, tapi semua lingkungan disekeliling dia. it takes a villages to raise a child.. 

contoh, anak gw diprotes karna geser-geser kursi. ya berarti kan dia liat orang geser-geser kursi dan ga diomelin sama yang punya kursi, ya pasti aja dia anggap klo menggeser kursi itu bukan hal yang salah *gw pun belum tau dimana letak salahnya ngegeser korsi kosong*  trus anak gw dianggap ga beretika karna geser korsi? trus kenapa yang mencontohkan geser korsi ga dianggap ga punya etika? hah? haah? haaahhh???

Hey, kalian sudah pernah jadi orang tua, dan lebih duluan dibanding gw, gw cuma punya 1 anak, kalian?? lebih dari 1 kan. pasti udah tau lah klo anak itu macem sponge, apapun yang dia liat dia serap. ya klo mau anak gw ga geser-geser korsi, ya jangan geser-geser korsi lah.. what did you expect?

 ya disini saya sampaikan maaf saya sebelumnya, andai saya tidak hadir pada acara-acara yang akan diadakan kedepannya, ini ga bermaksud lebay (trus apa?) tapi cuma tindakan preventive sampai dengan Jerojero beretika.. 

Tidak ada komentar: