Senin, 21 Maret 2011

cerita soal kehamilan..

Rencana nya mau bikin album buat Abdul Gofur (nama panggilan mas aa buat anak kita yang masih didalem perut).. 

jadi ini awalnya... karena kehamilan udah jalan 17 - 19  minggu, jadi dari minggu pertama sampai sekarang post disini aja.. selanjutnya satu - satu,, 

kenapa 17 - 19 minggu.. (ini emaknya yang gak bener deh, gak tau umur anak dalam kandungannya) masalahnya waktu tanggal 31 Januari 2011 itu umurnya udah 12 minggu (klo diitung manual jadi hari ini 19 minggu) tp kemaren waktu periksa USG lagi umurnya 17 minggu.. binun.. tapi ya sudah lah.. :D



jadi terakhir gw menstruasi itu tanggal 14 Oktober 2010 (hari pertama menstruasi terakhir) bulan November sama sekali gak menstruasi tapi setiap test pack hasilnya negatif. 


sampai akhirnya gw ke Dokter SpOG tanggal 4 Desember 2010. pas di USG, dia memang bilang ada penebalan pada rahim, tp dia gak yakin apa itu. jadi dia minta 2 minggu lagi test pack. (oia.. waktu seminggu setelah nikah, gw sempet ke Dokter ini, sebutlah namanya dr. Yuni, dia claim klo rahim gw normal dan bersih. ukurannya semua normal)


seminggu kemudian (11 Desember 2010) gw test pack hasilnya masih negatif dan gw masih belum menstruasi. trus seminggu kemudian lagi (18 Desember 2010) gw masih belum menstruasi dan ternyata garis nya dua cuy.. :P di coba di 3 tespack yang berbeda (walaupun merk nya sama) 




sore nya ke Dokter yang sama yang gw datengin waktu baru nikah, sama waktu 4 Desember itu. pas di USG ternyata kosong.. di rahim gak ada apa2. yang ada itu semacam cairan atau apalah itu (pokoknya warna nya item klo di USG) di luar rahim di bagian kiri (jadi si Dokter ini claim klo kehamilan gw etopik). dokter Yuni ini bilang suruh cari 2nd opinion, dibikinin janji ama Dokter Senior nya di RS Setia Mitra itu, hari Selasa nya. 


dari gambarnya itu, harusnya di tengah ada kantung kehamilan (buletan berwarna hitam) tapi ga ada. yang ditemukan adalah si benda di kiri rahim..

tapi malem itu juga gw langsung ke RS Medika Permata Hijau. ketemu Dokter Hendy Mochtar SpOG. (kebetulan, kenapa kita ke Medika Permata Hijau, karena ada temen gw lagi di rawat di situ) nah, di USG sama dr. Hendy ini, awalnya waktu USG perut, memang gak keliatan ada kantung kehamilan di dalam rahim gw, tp si benda yang ada di kiri rahim itu keliatan. setelah USG transvaginal alhamdulillah ketemu lah si kantung hamil di dalam rahim. dan tentu saja yang ada di luar rahim sebelah kiri. ukurannya yang ada di dalem rahim 11mm, yang ada di luar 30mm. (ga ada gambar USG nya. print nya dibawa Mas aa buat claim ke kantornya)


si Dokter Hendy ini  minta waktu sminggu buat observasi. tapi selama seminggu ini harus bener2 hati2. klo ada nyeri atau keluar darah harus cepat di bawa ke RS. kalau ga ada apa2 sampai seminggu, kembali lagi ke RS, di liat lagi yang mana yang tumbuh. apakah yang di dalam yg tumbuh tapi diluar enggak, atau sebaliknya atau dua2nya tumbuh. yang pasti kalau yang tumbuh yang diluar rahim harus dilakukan tindakan operasi. pulang dari RS, bismillah semoga seminggu ini gak ada apa2..

Selasanya, tanpa sepengetahuan Mas aa, gw ke dokter yang di RS Setia Mitra (Dr. irwan klo gak salah namanya) ini diagnosa nya lebih seram lagi dan bikin semakin gak percaya bookkkk,, buset dah.. mosok dia menemukan adanya bulatan (atau apalah namanya) di kanan rahim???? trus dia bilang ini pembengkakan saluran telur.. (yeah, the hell dok,,) --> ga ada fotonya juga, print nya di simpen ama dokternya dan gw gak mau repot2 minta,, malas urusan ama dokter ini..




Kamisnya, tanpa sepengetahuan Jaya juga, gw ke dokter nya Mega, yang ada di RS Gandaria. Dokter Ahmad. dan dia tidak menemukan apa2 di kanan rahim.. tp omongan dia sama persis dengan dokter Hendy yang di RS Medika Permata Hijau. Dr. Ahmad bilang ini sekitar 5 minggu. ukurannya 11mm yang di dalam dan 30mm yang di luar.. (alhamdulillah, yang tumbuh yang di dalam rahim). Dokter Ahmad ini bilang gw harus diperlakukan seperti Ibu hamil, jadi gw dikasih obat macam2.. (tp gak gw tebus sih)

Jumat nya 24 Desember 2010 - malam natal, gw ditemenin Jaya ke RS Medika Permata Hijau buat ketemu Dr. Hendy lagi. Dr. Hendy USG transvaginal lagi. ukurannya 14mm yang di dalam dan tetap 31mm ukuran yang di luar. dan dari alat USG ini usia kehamilan sekitar 6-7 minggu. Dr. Hendy langsung mulai kasih vitamin2 untuk Ibu Hamil selama 2 minggu. 



dua minggu kemudian 8 Januari 2011, gw dan Mas aa balik lagi ke Dokter Hendy. diliat lagi yang dikiri rahim, masih ada dengan ukuran yang sama. yang di dalam tumbuh dengan pesat dan sempurna..ukurannya 17,3mm, estimasi kelahirannya 19 Agustus 2011  (alhamdulillah) disuruh balik lagi pada minggu ke 11 kehamilan. dan di kasih obat2an dan vitamin untuk 3 minggu. 



seharusnya balik lagi ke Dokter Hendy tanggal 29 Januari 2011. tapi hari itu, ada nikahan sepupu gw,, jadi ternyata itulah terakhir kali ketemu dr. Hendy.. (maaf ya Dok.. alat di RS mu kurang lengkap sih Dok,, dan Dokter gak terlalu perhatian ama saya Dok. saya sebagai calon Ibu baru gak di kasih wejangan apa2, gak di tanya keluhannya apa,, maaf ya Dok.. makasih yaaaa,, *kisskiss) 

tanggal 30 Januari, gw ma Mas aa pindahan ke Apartement. Mas aa sempet nawarin mau cari dokter gak? gw bilang besok aja, soalnya hari minggu mana ada dokter spesialis yang praktek. 

tanggal 31 Januari, pulang kantor gw mampir ke Rumah Sakit Bersalin Kartini yang sekelewatan ke Apartement.  ketemu ama Dokter (haduh sapa namanya ituuu.. maap dok, anda kurang berkesan buat saya, gimana dong dok). pasiennya buanyaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk banget.. dan gw dapet nomer 37. dokternya baru dateng jam stgh 7.. tapi hebatnya dokter ini adalaaaaahhh,,, dalam setengah jam dia sudah melayani 15 pasien.. buseeeetttt... cuma ngintip kali USG nya.. 




gw dapet giliran tepat setelah mas aa nyampe di RS itu. jam 8 lewat kalo gak salah. pas gw cerita soal sempat didiagnosa etopik, dia seperti gak interest :( anyway, dia USG perut gw, si kakak baby kakinya goyang2 ky orang berenang gaya punggung. hihihi... gw minta dia buat ngecek sedikir ke kiri, dia blang ga usah, karna bayi nya sehat (tau dari mana dia? dari kakinya yang nendang2??) hedeehh... ukurannya 49mm, menurut dokter ini umur kandungannya 12 minggu 2 hari, dan estimasi melahirkannya 13 Agustus 2011 (oh, anak gw bakal berbintang Leo.. please.. i have had enough Leo kynya)

merasa gak puas pasti lah gw ma mas aa terhadap dokter ini (thanks God gw gak inget namanya. klo inget bs dituduh pencemaran nama baik nh gw) akhirnya mampir ke klinik yang mnawarkan discount 60% untuk USG 4D. setelah di tanya, ada dokter kandungan yang praktek gak hari ini, mereka bilang ada jam 10 malam.. 


jam stgh 10 gw di telpon ama orang dari klinik nya. bilang klo dokternya jadi praktek. saat itu juga gw ma mas aa langsung ke kliniknya. ternyata si Dokter baru dateng jam 11 malem,, huhuhu,, ngantuuukkk,,, ditambah lagi, gw pasien dengan urutan terakhir.. jiaahh..  akhirnya gw "dilayani" jam 11.45 (ampe inget - abis nungguin sambil ngantuk)


kenalan lah sama ini Dokter, namanya dr. Iwan Kurnia Effendi SpOG. basa basi bla bla bla.. lgsg di USG. 


hmm.. lupa informasi apa aja yang di dapet soal kakak baby..


tapi yang gw inget. dari sekian dokter yang gw dan mas aa temuin, dokter ini yang bikin gw "jatuh cinta" hihih,,, bukan jatuh cinta sih, tp gw ngrasa nyaman lah ama dokter ini. dia kasih banyak wejangan dan saran2 yang kita sama sekali gak tau. 


yang paling gw inget adalah, klo berhubungan suami istri, sperm gak boleh keluar di dalem.. karna takut terjadi kontraksi, soalnya sperm adalah induksi alami, jadi sekarang2 sperm gak boleh masuk, nanti klo udah 9 bulan baru boleh keluar di dalam (kesian mas aa.. puasa setengah hari ya mas aa,, 




kebetulan lagi promo USG 4D. trus kita liat Abdul Gofur via 4D itu.. 


begitu lah penampakan si Abdul Gofur.. matanya belum tumbuh sempurna,, tp dia sempurna,, *berkacakaca..


klo liat video nya dia luncat2 di dalam perut.. kata dr. Iwan, si Abdul Gofur sangat aktif.. 


senang sih liatnya,, mas aa juga senang,, 




sebulan kemudian, waktunya ketemu dokter lagi.. 
sayangnya Mas aa gak sabar mau periksa, jadi dokter yang praktek di klinik itu aja deh di hajar.. mana ngaret pulak.. namanya Dr. Dedi, praktek di RS Aminah.. (gak jauh boookkk dari Klinik,,) dari tadi blangnya kena macet sejam nunggu baru dokternya dateng.


hasil USG nya seperti gambar disamping.. 


kecewa pasti, kenapa dia gak bisa mendapatkan gambar yang bagus dari Abdul Gofur..??? sabar dikit kek gituh, 


hmmm mungkin klo SpOG, mengerti mengenai gambar ini,, (tp kan gw dan mas aa bukan SpOG ya bookk...)


info yang di dapet dari dokter ini adalah usia Agof 15 minggu 5 hari, estimasi kelahirannya tanggal 15 Agustus 2011, posisinya bagus, karena kepalanya di bawah dan ukurannya 77mm. 


seharusnyaaa jadwal ke Dokter lagi itu masih akhir bulan Maret (tgl 26 Maret 2011). tp kayaknya si Abdul Gofur minta di tengok lebih cepat,, 


Jumat 18 Maret 2011, perutku sakit kayak mens hari pertama sampai malam,, malam itu juga mas aa tlp ke klinik, tanya besok ada dokter SpOG praktek atau enggak dan jam berapa? ternyata ada Dr. Iwan praktek jam 7 pagi.. (haduuhh,,, subuh)


Sabtu nya 19 Maret 2011, kita ketemu sama Dr. Iwan (horeeee!!!) terus gw mengemukakan keluhan dan lalalalalanya.. Pak Dokter suruh cek USG. alhamdulillah gak apa2, kemaren gw cuma kecapekan dan kebetulan posisi si Agof kakinya lagi di bawah. jadi kemungkinan gerakan bayi membuat otot rahim mengencang. 


(hasil jepretan dr. Iwan matab yah.. )




info yang di dapat selain kepala ada di atas adalah beratnya 170 gr (tgl 26 Feb kemaren di tanya beratnya, si Dokter gak bs ukur :( ) usia nya 17 minggu, trus estimasi lahirnya 27 Agustus 2011. 


detak jantung Abdul Gofur sehat.. sangat normal, ukuran air ketuban normal dan plasenta tidak menutupi jalan lahir..


Alhamdulillah.. Abudl Gofur cuma mau ditengok dan di poto ajah kayaknya.. 


sehat2 ya naaakkk... Ibu Loves you so.. 




2 komentar:

hallila hallila hallila mengatakan...

lam kenal mr and mrs adiputra...

kayanya kita pnya pngalaman yg sama2 baik ttg DR IWAN KURNIA EFFENDI, Spog ini,,, dktrnya komunikatif bnget, ramah, enak pnjelasannya, suami gw jg stuju bngt & sama bnget atw mgkn emang ciri khas nya, klo hasil jepretan USG dr iwan slalu di kasih keterangan (mis, kepala, badan) pokonya okelah.... boleh tau gak nama klinik tmpat praktek dr iwan yg kasih diskon 60% u/ USG 4dimensi itu???

thnk you sis....
Lingga

Mirtyadiputra mengatakan...

hai dear,, sorry very very late reply..

USG 4D yang 60% itu di klinik Pertukangan. waktu itu dia baru buka jadi promo selama sebulan (Januari 2011) sekarang mah udah ga promo dear,,